Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi

Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi – Masa subur merupakan hari yang bisa memberikan peluang untuk terjadinya kehamilan. Masa subur adalah 5 hari sebelum ovaulasi terjadi dan juga 1 hari setelah ovulasi. Sperma yang bisa bertahan hidup secara maksimal selama 5 hari didalam rahim. Dan jika ovulasi yang terjadi pada hari H dan suami melakukan ejakulasi di hari h-5, maka akan ada sejumlah sperma yang masih setia menunggu supaya bisa membuahi sel telur yang akan baru keluar pada hari H. Dan sel telur yang hanya bisa bertahan hingga 24 jam setelah masa ovulasi terjadi. Jadi setelah h+1 maka tidak ada lagi peluang terjadinya kehamilan. Dan jika Anda melakukan hubungan seksual dengan suami Anda pada masa subur tadi, maka secara umum, peluang mengalami kehamilan naik hina 20%.

Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi

Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi

Masa Subur Wanita

Yang harus dicatat adalah prediksi dari masa subur ini memberikan akurasi yang terbaik untuk wanita dengan aturan siklus haid yang teratur. Dan untuk wanita dengan masalah haid tidak teratur, maka indikator dari kesuburan lainnya seperti suhu basal tubuh, lendir serviks serta pengamatan pada posisi leher rahim yang semakin dibutuhkan agar bisa memastikan tanggal terjadinya ovulasi.

Kalkulator Masa subur dan ovulasi yang dilakukan secara garis besar dibedakan berdasarkan dengan Puncak masa subur dan juga masa subur yang biasa. Masa puncak subur yakni adalah 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Sedangkan untuk masa subur yang terjadi pada wanita adalah masa puncak subur -3 hingga masa puncak subur +3 hari. Dan sebagao contoh dari kalkulator masa subur dan ovulasi adalah jika hari pertama Anda menstruasi adalah di tanggal 10 maka tangga dari masa puncak subur Anda akan terjadi di tanggal 23, dan masa subur awal akan terjadi di tanggal 20, serta masa subur yang akhir adalah di tanggal 26.

Sedangkan untuk Anda yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur, maka kalkulator masa subur dan ovulasi yang dilakukan adalah dengan cara mencatat dari panjang siklus haid paling tidak adalah selama 6 siklus atau sekitar  6 bulan. Dan untuk perhitungannya adalah dari jumlah pada hari dimana siklus terpanjang yang Anda punya, kemudian dikurangi dengan 11 maka Anda akan mendapatkan hari subur terakhir dalam siklus haid tadi. Dan dari jumlah hari pada siklus yang terpendek yang dikurangi dengan 18 maka akan didapatkan hari subur pertama pada siklus hahdi tadi. Dan sebagai salah satu contoh dari kalkulator masa subur dan ovulasi dan juga dengan siklus menstruasi yang tidak teratur adalah jika siklus terpanjang = 31 sedangkan untuk siklus yang terpendek adalah 26. Maka masa subur bisa dihitung 31-11 = 20 dan 26-18 = 8. Sehingga bisa didapatkan dari masa subur Anda diantara hari ke-8 sampai pada hari ke-20.

Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi 

Selain dengan melakukan cara tersebut, Kalkulator masa subur dan ovulasi bisa dilakukan dengan cara :

  1. Menggunakan monitor kesuburan
    Jika siklus haid Anda merupakan salah satu siklus yang tidak teratur, maka cobalah menggunakan alat pengecek kesuburan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda. Biasanya alat ini digunakan dengan tujuan untuk bisa menilai masa subur wanita lewat urine yang dilakukan dengan cara mengukur hormon lutein didalam tubuh yang keluar sesaat sebelum masa subur wanita terjadi.
  2. Cek lendir serviks
    Kalkulator masa subur dan ovulasi alami yang lainnya adalah dengan cek lendir serviks. Yakni adalah salah satu cairan tubuh yang bisa membantu dalam menentukan masa subur wanita. Caranya adalah dengan melihat cairan vagina Anda. Dan tidak perlu menggunakan alat apapun. Anda hanya cukup melihat cairan serviks yang keluar dari vagina Anda. Dan biasanya cairan ini akan menempel pada celana dalam atau juga pada tisu toilet Anda setelah Anda selesai mengeringkan vagina. Kemudian beberapa hari setelah masa haid Anda sudah terhenti, maka cairan serviks biasanya akan nampak lebih kering atau juga kental dan agak lengket. Dan beberapa hari berikutnya akan berubah menjadi lebih basah. Disaat sudah nampak terlihat licin serta elastis, mirip seperti putih telur yang masih mentah, kemudian pada saat itulah Anda berada di masa subur Anda.
  3. Temperatur suhu tubuh
    Cara lainnya yang dilakukan adalah dengan mencatat basal body temperature yakni adalah temperatur tubuh dipagi hari sebelum Anda melakukan aktivitas apapun. Yakni adalah salah satu cara agar bisa mengetahui masa subur. Suhu normal dari tubuh wanita yang sedang tidak mengalami ovulasi adalah sekitar 35-37 derajat celcius namun disaat sedang dalam masa subur wanita, BBT akan mengalami peningkatan hingga mencapai sekitar setengah derajat dan juga tetap di angka tadi hingga sesaat sebelum menstruasi. Dan jika Anda mencatat BBT selama beberapa siklus haid. Anda juga akan lebih bisa memprediksi masa subur wanita, dengan mendapatkan catatan, jika siklus haid Anda reguler. Namun sayangnya, BBT bukanlah sebagai salah satu jalan terbaik dalam menentukan kapan saat melakukan hubungan seksual yang tepat agar bisa mendapatkan kehamilan.

Itulah informasi mengenai kalkulator masa subur dan ovulasi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Kalkulator Masa Subur dan Ovulasi


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Kalkulator Masa Subur and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.