Menghitung Masa Subur

Menghitung Masa Subur – Setiap wanita yang menstruasi akan memiliki masa subur, atau waktu dimana ovulasi sehingga sel telur bisa dibuahi dan terjadilah kehamilan. Wanita yang mengalami masa menstruasi yang rutin dan teratur akan lebih mudah untuk mengetahui masa suburnya karena cara menentukan masa subur bisa dengan menghitungnya dari siklus menstruasi dan juga menggunakan kalkulator masa subur. Mengetahui masa subur sangat bermanfaat, karena bisa menentukan kehamilan dengan mudah atau bisa juga untuk mencegah kehamilan secara alami tanpa perlu menggunakan alat kontrasepsi. Masa subur keadaan dimana sel telur di dalam rahim bertahan hidup selama 12 jam sampai dengan 24 jam sehingga jika ada sperma yang masuk dan keadaan sel telur siap dibuahi maka akan terjadi pembuahan atau proses kehamilan, namun jika tidak maka akan terjadi menstruasi di bulan selanjutnya. Maka dari itu fungsi mengetahui masa subur sangat penting. Masa subur setiap wanita berbeda beda, sehingga menghitung masa subur pun dengan mengetahui siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya.

kalkulator masa subur

kalkulator masa subur

Menghitung Masa Subur

Menghitung masa subur wanita yang sangat mudah bisa menggunakan kalkulator masa subur yang akurat. Karena banyak tersedia di apotek kesehatan yang menyediakan kalkulator masa subur sehingga bisa mengetahui untuk mencegah kehamilan atau pun jika ingin hamil. Selain menggunakan kalkulator masa subur juga bisa menghitung masa subur dengan mengetahui hal hal di bawah ini :

kalkulator masa subur

kalkulator masa subur

  • Siklus menstruasi

Menghitung masa subur secara alami dan dengan mudah di lakukan tanpa menggunakan kalkulator masa subur bisa dengan mengetahui siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Siklus menstruasi wanita bisa pendek dan juga panjang, sehingga berbeda beda waktu masa subur setiap wanita. Masa subur wanita yang memiliki siklus menstruasi yang normal sekitar 27 sampai 30 hari bisa terjadi pada hari ke 14. Menghitung masa subur dengan siklus menstruasi haru mengetahui tangga pertama sampai dengan tanggal selanjutnya hari pertama menstruasi sehingga akan mendapatkan hasil yang akurat.

  • Mengukur suhu basal tubuh

Menghitung masa subur wanita yang mudah tanpa kalkulator masa subur bisa dengan mengukur suhu basal tubuh setiap pagi. Suhu basal merupakan suhu tubuh di saat setelah bangun tidur di pagi hari. Suhu basal yang normal akan berada di angka 35,5 sampai dengan 36,6 kondisi ini normal. namun jika di masa subur maka suhu basal akan sedikit lebih meningkat sehingga dapat menghitung masa subur jika sering cek suhu tubuh setiap pagi jari dengan menggunakan termometer. Bisa siakan termometer di samping tempat tidur agar bisa langsung cek suhu tubuh ketika bangun.

  • Mengetahui jenis lendir vagina

Kalkulator masa subur memang bisa akurat untuk menentukan masa subur, namun untuk yang belum mengetahui masa subur maka bisa menghitung masa subur dengan mengetahui lendir vagina yang dikeluarkan. Lendir vagina yang bukan di masa subur akan pekat dan dan juga ketika di sentuh akan pekat karena kondisi ini dinding rahim mulai menebal untuk mempersiapkan masa subur atau ovulasi. Dan jika sudah mendekati masa subur maka lendir yang dikeluarkan pada vagina akan licin, elastis pada saat di sentuh, dan juga akan memiliki warna yang bening. di hari seperti ini waktu masa subur sudah mulai mendekat sehingga bisa mempersiapkan kehamilan, atau jika ingin mencegahnya maka sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual di waktu seperti ini karena keberhasilan sperma yang sehat untuk membuahi sel telur yang sehat pun sangat tinggi.

Jika masa subur di lewati maka yang akan terjadi dinding rahim akan semakin tebal, dan hormon yang di hasilkan oleh otak akan semakin menurun. Menurunnya hormon akan ditandai dengan keluarnya lendir dari dalam vagina yang kental, atau ada pula wanita yang tidak akan keluar cairannya. Di hari selanjutnya maka kondisi hormon estrogen maupun progestrogen, akan benar benar menurun. Ketika sudah sampai di tahap ini maka siap siap akan keluar darah menstruasi di hari berikutnya. Karena rahim di saat tidak terjadi pembuahan akan menipis. Sebab dinding rahim yang tebal di siapkan apabila terjadinya proses pembuahan sehingga melindungi sel telur. Namun, karena tidak ada pembuahan maka rahim akan menipiskan diri dengan meluruhkan darah dari dinding rahim secara perlahan selama 5 sampai 7 hari lamanya. Dan proses selanjutnya akan kembali terulang terus sampai terjadi pembuahan.

Oleh sebab itu apabila ingin hamil cepat atau ingin menunda kehamilan secara alami bisa mengetahui masa subur, baik menghitung masa subur atau pun dengan mengunakan kalkulator masa subur. Lakukan gaya hidup sehat juga karena masa subur akan sulit untuk di tentukan apabila siklus menstruasi tidak teratur ada gangguan menstruasi. Makan makanan yang sehat, olahraga secara teratur upaya yang baik juga untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar tidak mengganggu siklus haid atau mengalami gangguan haid. Kelola stress dengan baik juga karena dampak dari stress juga bisa menyebabkan gangguan haid yang akan menyulitkan penderitanya untuk menentukan masa suburnya dengan akurat setiap bulannya.

Menghitung Masa Subur


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Kalkulator Masa Subur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.